Jenis Bahan Konveksi Seragam Kerja | WA 0813 8249 5027

Bahan Yang Biasa Digunakan Konveksi Seragam Kerja

Supaya pakaian khususnya seragam kerja enak dan nyaman dipakai, disamping design, ukuran jahit seragam yang harus sesuai juga harus memperhatikan bahan seragam yang digunakan. Dengan mengenal bahan seragam yang baik maka pemakai baju seragam akan merasa nyaman saat mengenakannya.

Seperti kita ketahui banyak macam dan jenis baju seragam seperti baju seragam anak, baju seragam bank, baju seragam cafe, baju seragam sekolah, baju seragam batik, baju seragam kantor, baju seragam bengkel, baju seragam cafe, baju seragam catering, baju seragam dokter, baju seragam engineering, baju seragam olahraga, baju seragam pns, baju seragam polisi, baju seragam pabrik, baju seragam muslim, baju seragam hotel, baju seragam proyek, baju seragam dokter, baju seragam koki, baju seragam mekanik dan masih banyak lagi baju seragam jenis yang lainnya.

Tentunya penggunaan bahan seragam yang digunakan untuk baju seragam satu dengan baju seragam yang lain akan berbeda. Misalnya baju kerja lapangan dengan baju kerja kantor dalam pembuatannya menggunakan jenis bahan seragam yang berbeda (contoh baju seragam lapangan : baju seragam proyek, baju seragam bengkel atau baju seragam mekanik, baju seragam pemadam kebakaran). Untuk itu pengenalan jenis bahan yang digunakan sangat penting diketahui sehingga jangan sampai seragam yang dibuat tidak membuat nyaman pemakainnya, apalagi pada saat menjalankan pekerjaan. Hanya dikarenakan penggunaan bahan seragam yang tidak tepat.

Begitu juga pengenalan bahan ini diperlukan jika anda ingin membuat baju sekolah, baju jubah, baju muslim, baju toga, baju kemeja, baju wisuda, baju wearpack, jaket almamater, jaket komunitas (jaket grab, jaket gojek, jaket angkatan), dan lain-lain. Baik anda membuat kolektif atau pun hanya untuk pribadi.

Untuk membuat pakaian yang baik, baik itu kemeja, jaket, kaos, celana, dan lain-lain digunakan jenis kain atau bahan seragam yang disesuaikan dengan kegunaan fungsi pakaian. Untuk menambah pengetahuan, berikut ini adalah beberapa bahan seragam yang kebanyakan biasanya digunakan untuk konveksi seragam kerja yaitu :

kain cotton 100%

Sumber gambar : bukalapak.com

1. BAHAN COTTON

Jenis bahan seragam kaos ini biasanya menjadi andalan bagi distro-distro. Bahan seragam ini bahan bakunya berasal dari tumbuh-tumbuhan yaitu serat kapas yang diolah dan dijadikan serat serat kain yang kemudian ditenun dan dijadikan kain dalam bentuk lembaran.

Bahan Cotton ini secara garis besar dibagi menjadi 2 jenis yaitu Cotton Combed dan Cotton Carded.

Bahan seragam cotton combed atau cotton carded dibuat dari 100% serat kapas murni, mempunyai bahan yang lebih halus, dingin dan bila dipakai terasa lebih nyaman dan ringan, sementara cotton carded mempunyai bahan yang agak kasar, hal ini dikarenakan cotton carded dalam proses menenunnya tidak melalui proses menyisir sehingga teksturnya kurang halus dan kurang rata, bila dipegang terasa lebih tebal dan hanya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan cotton combed.

Untuk membedakan tebal tipisnya bahan baju kaos maka dapat dilihat dari jenis benang yang dipergunakan.

Biasanya kita sering melihat jenis benang kaos 20’s, 24’s dan 30’s atau yang lainnya. Bahan dengan benang 20’s lebih tebal  daripada benang 30’s. Jadi semakin kecil angkanya maka semakin tebal bahannya.

Ada juga bahan yang lebih tebal daripada cotton combed 20’s yaitu Double Cotton atau biasa disebut Double Nett. Tentunya bahan seragamnya lebih nyaman dan bahan seragamnya jatuh atau berat ke bawah jika dipakai. Hanya saja kekurangan bahan ini akan melar ketika sering dicuci.apalagi jika sering ditarik karena banyaknya rongga udara didalam bahan seperti spon.

Seragam kerja yang menggunakan bahan ini akan terasa dingin,  mudah menyerap keringat, tidak panas sehingga nyaman untuk dipakai dan cocok buat Anda yang bekerja di daerah panas. Akan tetapi seragam atau pakaian dari bahan ini akan  rusak bila direndam lebih dari 2 jam dalam deterjen dan sangat rentan terhadap jamur sehingga jangan biarkan bahan seragam ini terlalu lama basah.

Seragam kerja dengan bahan cotton ini, mudah kusut dan mudah kotor, juga pada saat di pengeringan agak lama saat dikeringkan.

Karena cotton mempunyai sifat karakteristik nyaman dipakai jika dibuat seragam kerja, baju kaos atau pakaian, maka dtidaklah mengherankan jika bahan cotton di gunakan sebagai campuran. Berikut ini kombinasi campuran yang menggunakan bahan cotton yaitu :

kain cotton viscose

Kain Teteron Cotton

Sumber gambar : pusatkonveksi.com

a. TC (Teteron Cotton)

Bahan baju kaos seragam ini kualitasnya dibawah Cooton Combed dan Cotton Carded sebab  TC (Teteron Cotton) merupakan campuran 35% bahan Cotton dengan 65% Polyester (Teteron), sehingga bahan TC ini agak panas dan kurang bisa menyerap keringat. Walaupun begitu bahan kaos jenis ini lebih tahan kusut dan tidak melar meskipun dicuci berulang-ulang.

teteron cotton

Kain Cotton Viscose

Sumber gambar : indiamart.com

b. CVC (Cotton Viscose)

Bahan baju kaos seragam ini adalah kombinasi dari Cotton Combed dan Viscose. Cotton Viscose merupakan campuran dari 45% viscose dan 55% cotton combed. Kelebihan dari Bahan baju kaos ini tingkat shrinkage-nya (susut pola) lebih kecil dari bahan Cotton dan bersifat menyerap keringat sehingga nyaman digunakan.

kain polyester

Kain Polyester

Sumber gambar : aliexspress.com

2. Polyester dan PE

Bahan konveksi seragam kerja berikutnya adalah polyester dan PE.

Polyester merupakan jenis bahan seragam atau baju kaos serat sintetis yang terbuat dari bahan ester (hasil sampingan dari minyak bumi yang digunakan sebagai pembuat bahan serat fiberpoly) sebagai bahan bakunya ini, diolah sedemikian rupa sehingga menjadi serat serat plastik, yang kemudian ditenun dan dijadikan kain dalam bentuk lembaran. Lembaran kain inilah yang dijadikan bahan seragam kerja.

Sifat dari kain ini sangat cocok untuk orang yang aktif, karena tidak gampang kusut, tidak akan melar dan juga menyusut, saat dijemur kain ini cepat kering.

Seragam kerja dari bahan ini lebih cocok digunakan oleh karyawan atau pekerja yang bekerja di dalam ruangan ber-AC dan tidak terlalu banyak mengeluarkan keringat. Karena kain ini memiliki kekurangan, yaitu panas saat digunakan dan susah menyerap keringat.

  • Karakteristik dari bahan seragam ini adalah :
  • Noda minyak dan makan sulit dihilangkan dari bahan ini
  • Karena bahannya dari serat plastik maka bahan seragam ini kuat dan tahan direndam lebih dari 3 jam
  • Biasanya digunakan sebagai campuran bahan lain seperti viscose, linen dan katun
kain drill

Kain Drill

Sumber gambar : captain-konveksi.com

3. Drill

Bahan seragam ini biasa digunakan untuk baju seragam pabrik atau manufacture. Hal ini dikarenakan bahan seragam ini nyaman sekali jika dipakai. Bila dibandingkan dengan merk lain bahan seragam ini warnanya tergolong paling lengkap sehingga konsumen bisa mempunyai banyak pilihan warna.  Tekstur bahan seragam ini benangnya terlihat dengan jelas.

Beberapa bahan kain dari jenis drill ini adalah untuk drill jepang adalah merk taipan drill dan taipan tropical yang kualitasnya baik dan tebal. Adapun drill yang harganya lebih murah adalah merk american drill seperti Verlando dan Venosa.

kain linen

Kain Linen

Sumber gambar : fabric.com

4. Linen

Anda tentunya pernah mendengar bahan seragam ini dan ga asing ditelinga kita. Bahan seragam ini seperti katun. Hanya saja bahan seragam ini mempunyai seratnya lebih kuat. Biasanya bahan seragam ini digunakan untuk casual wear atau dresses. Tekstur kain ini berkerut untuk itu jangan sampai mengganggu penampilan pada saat anda menggunakan untuk baju seragam.

Bahan seragam ini mempunyai karakteristik :

  • Butuh perhatian khusus pada saat mencuci atau menyetrika karena bahan seragam ini mudah kusut. Jika mencuci pakailah deterjen yang lembut dan rendamlah memakai air hangat.
  • Bahannya sangat dingin, menyerap keringat dan sangat nyaman bila dipakai.
kain lacoste

Kain Lacoste

Sumber gambar : pusatkonveksi.com

5. Lacoste

Bahan seragam ini memiliki pola serat lubang-lubang kecil. Jika anda ingin membuat baju kaos seperti baju polo yaitu pakaian baju polo berkerah biasanya diarahkan menggunakan bahan seragam ini.

Lacoste  sendiri berasal dari nama perusahaan prancis yang memproduksi  bahan seragam atau kain, dan juga pakaian yang mempunyai tekstur lubang-lubang kecil. Namun seiring perkembangan jaman masyarakan lokal yang bisa menggunakannya untuk pembuatan baju polo biasa menyebut dengan wengki.

Untuk bahannya sendiri  ada yang mengandung Polyster/Plastik yaitu jenis PE sehingga kurang menyerap keringat, dan ada bahan seragam bernama Pique yang dalamnya mengandung katun, katunnya tebal dan menyerap keringat.

Demikian penjelasan penggunaan bahan konveksi seragam kerja yang biasa digunakan untuk pembuatan konveksi seragam kerja. Semoga dapat menambah pengetahuan anda.

 

Bagi anda yang ingin memesan seragam kerja dapat menghubungi kami di SMS/WA no 0813-8249-5027

Kami menerima pesanan pembuatan seragam kerja dari seluruh indonesia secara custom (berdasarkan pesanan) dan selama memesan seragam kerja, anda kami berikan konsultasi gratis baik design atau bahan yang akan digunakan jika memang diperlukan,

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× Silahkan chat dengan kami